Selamat datang di adsy-86.blogspot.com "Download Software & Artikel serta tips-tips seputar komputer & internet"....................."jangan lupa follow & komentarnya ya ... !!"

Kamis, 30 Desember 2010

Tips Cara Merawat LCD Monitor

Sekarang ini sudah mulai banyak orang menggunakan LCD monitor, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak banyak makan tempat serta listriknya yang lebih kecil di banding menggunakan monitor lama. Layar LCD Monitor juga rata, lebih bagus di bandingkan layar monitor lama yang cembung. selain itu juga LCD Monitor memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu memiliki resolusi yang tinggi sehingga bisa membantu banyak orang terutama yang bekerja dibidang design Visual dsb, atau para Gamers yang suka bermain games dan bagi orang yang hobi menonton film, LCD Monitor juga sangat membantu dalam memenuhi keinginan anda.

Namun ada beberapa kendala pada LCD Monitor yaitu dari segi harga LCD Monitor masih mahal dibandingkan Monitor biasa dan kendala lainnya biaya memperbaikinya pun tergolong mahal jikalau LCD Monitor kita rusak atau mengalami gangguan, maka dari itu lebih baik merawat daripada memperbaiki.

Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat Monitor LCD anda:

  1. Gunakan LCD Seperlunya, Jangan menggunakannya apabila anda tidak perlu-perlu amat dan jangan menggunakannya 24 jam nonstop harus ada waktu jedanya karena setiap barang elektronik ada masa hidupnya (Lifetime).
  2. Matikan LCD Monitor anda ketika komputer anda mati, agar menghemat listrik dan juga menjaga LCD Monitor anda tetap awet.
  3. Lakukan pembersihan secara berkala, minimal 2 minggu 1 kali, agar LCD monitor selalu dalam keadaan jernih dari debu dan kotoran lainnya. Ingat! untuk membersihkannya harus menggunakan kain yang sangat halus yang sudah diolesi cairan khusus pembersih monitor LCD, agar hasilnya lebih maksimal.
  4. Jangan melakukan kegiatan pembersihan dalam keadaan listrik masih mengalir, cabut semua kabel yang ada pada LCD untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Jauhkan LCD dari hal-hal yang mengandung air seperti air hujan, air minum dsb. Karena semua barang elektronik akan terjadi korsleting arus listrik apabila air masuk kedalam komponen elektronik.
  6. Jauhkan LCD dari barang-barang yang mengandung magnetik seperti sound system, Persani, Sinyal HP dll. Karena akan berakibat fatal yaitu akan terjadi Noise atau kerusakan yang dapat merusak tampilan pada layar Monitor.
  7. Simpan LCD ditempat yang strategis dan aman dari jangkauan anak kecil, supaya menghindari LCD anda tidak tersenggol atau menjadi mainan anak kecil.
  8. Cabut semua kabel yang berhubungan dengan Komputer (termasuk LCD) ketika terjadi hujan yang disertai petir, karena petir bisa menyambar melalui antena TV dan merambat melalui kabel listrik.
  9. Untuk melindungi layar/screen LCD bisa menggunakan Screen Protector yang fungsinya menghalangi debu masuk kedalam LCD dan juga menjaganya dari segala macam goresan.
  10. Serahkan LCD kepada ahlinya apabila terjadi kerusakan atau gangguan apapun. Jangan membongkarnya sendiri tanpa didampingi oleh orang ahli dibidang elektronik.

Sumber : http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan kami di Facebook